Pengertian Design Grafis Dan Animasi
DEFINISI DESAIN GRAFIS DAN ANIMASI
1. Pengertian Desain grafis
Desain grafis adalah suatu bentuk
komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau
pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar karena
merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. disain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis disain lainnya,
disain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk
yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain).
Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual,
termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan
tata letak.
Kata Desain
Grafis pertama kali digunakan pada tahun 1922 di sebuah esai berjudul New Kind
of Printing Calls for New Design yang ditulis oleh William Addison Dwiggins,
seorang desainer buku Amerika. Raffe's Graphic Design, yang diterbitkan pada
tahun 1927, dianggap sebagai buku pertama yang menggunakan istilah Desain
Grafis pada judulnya. The signage in the London Underground adalah contoh
desain klasik pada abad modern yang menggunakan jenis huruf yang dirancang oleh
Edward Johnston pada tahun 1916.
Pada tahun 1920,
Aliran konstuktivisme di Uni Soviet melihat seni yang berorientasi individu
tidak ada gunanya bagi Rusia dan membuat sesuatu yang dapat diterapkan di dunia
nyata. Mereka mendesain bangunan, perangkat teater, poster, kain, pakaian,
perabot, logo, menu, dll.
Perkembangan
industi desain grafis tumbuh seiring dengan perkembangan konsumerisme. Hal ini
menimbulkan kritik dari berbagai komunitas desain yang tertuang dalam First
Things First manifesto yang pertama kali diterbitkan pada tahun 1964 dan
diterbitkan kembali pada tahun 1999 di majalah Émigré. Konsumerisme terus
tumbuh, sehingga terus memacu pertumbuhan ilmu desain grafis. Hal ini menarik
para praktisi desain grafis, beberapa diantaranya adalah : Rudy VanderLans,
Erik Spiekermann, Ellen Lupton and Rick Poynor.
Batasan Media
Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media
statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Sebagai tambahan, sejalan dengan
perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang
sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas
dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain
grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup
pengolahan ruang.
Prinsip dan unsur desain
Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain
lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis,
ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual.
Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm),
tekanan (emphasis), proporsi ("proportion") dan kesatuan (unity),
kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Peralatan desain grafis
Peralatan yang digunakan oleh desainer grafis adalah ide, akal, mata, tangan,
alat gambar tangan, dan komputer. Sebuah konsep atau ide biasanya tidak
dianggap sebagai sebuah desain sebelum direalisasikan atau dinyatakan dalam
bentuk visual.
Pada
pertengahan 1980, kedatangan desktop publishing serta pengenalan sejumlah
aplikasi perangkat lunak grafis memperkenalkan satu generasi desainer pada
manipulasi image dengan komputer dan penciptaan image 3D yang sebelumnya adalah
merupakan kerja yang susah payah. Desain grafis dengan komputer memungkinkan
perancang untuk melihat hasil dari tata letak atau perubahan tipografi dengan
seketika tanpa menggunakan tinta atau pena, atau untuk mensimulasikan efek dari
media tradisional tanpa perlu menuntut banyak ruang
Perangkat lunak desain
grafis
Ada
beberapa perangkat lunak yang digunakan dalam desain grafis:
-
Desktop publishing
-
Adobe Photoshop
-
Adobe Illustrator
-
Adobe Indesign
-
Coreldraw
-
GIMP
-
Inkscape
-
Macromedia Freehand
-
Adobe image ready
-
CorelDraw
-
Adobe Page Maker
-
Paint Tool SAI
Webdesign
-
Adobe Dreamweaver
-
Microsoft Frontpage
-
Notepad
-
Adobe Photoshop
-
macromedia firework
-
Audiovisual
-
Adobe After Effect
-
Adobe Premier
-
Final Cut
-
Adobe Flash atau
sebelumnya Macromedia Flash
-
Ulead Video Studio
-
Magic Movie Edit Pro
-
Power Director
-
Rendering 3 Dimensi
-
3D StudioMax
-
Cinema 4d
-
Maya
-
AutoCad
-
Google SketchUp
-
Light Wave
-
Blender
2. Pengertian Animasi
Kata animasi berasal dari kata
animation yang berasal dari kata dasar to anime di dalam kamus Indonesia
inggris berarti menghidupkan. Secara umum animasi merupakan suatu kegiatan
menghidupkan, menggerakkan benda mati. Suatu benda mati diberi dorongan,
kekuatan, semangat dan emosi untuk menjadi hidup atau hanya berkesan hidup.
Sebenarnya, sejak jaman dulu, manusiatelah mencoba menganimasi gerak gambar
binatang mereka, seperti yang ditemukan oleh para ahlipurbakala di gua Lascaux
Spanyol Utara, sudah berumur dua ratus ribu tahun lebih. Mereka mencoba untuk
menangkap gerak cepat lari binatang, seperti celeng, bison atau kuda,
digambarkannya dengan delapan kaki dalam posisi yang berbeda dan bertumpuk
(Hallas andManvell 1973). Orang Mesir kuno menghidupkan gambar mereka dengan
urutan gambar-gambarpara pegulat yang sedang bergumul, sebagai dekorasi
dinding. Dibuat sekitar tahun 2000 sebelum Masehi (Thomas 1958). Lukisan Jepang
kuno memperlihatkan suatu alur cerita yang hidup, denganmenggelarkan gulungan
lukisan, dibuat pada masa Heian(794-1192) (ensiklopedi Americana volume19,
1976). Kemudian muncul mainan yang disebut Thaumatrope sekitar abad ke 19 di
Eropa, berupalembaran cakram karton tebal, bergambar burung dalam sangkar, yang
kedua sisi kiri kanannyadiikat seutas tali, bila dipilin dengan tangan akan
memberikan santir gambar burung itu bergerak(Laybourne 1978).
Perkembangan animasi semenjak
munculnya perkembangan pertelevisian. Pada awalnya diciptakananimasi berbasis
dua dimensi (2D Animation). Realisasi nyata dari perkembangan animasi
duadimensi yang cukup revolusioner berupa dibuatnya film-film kartun.
Pembuatan animasi film kartun tersebut pada awalnya
dikerjakan dengan membuat sketsa gambaryang digerakkan satu demi satu, jadi
kesimpulannya animasi merupakan suatu gambar objek yangdapat bergerak. Pedesain
animasi di computer yang lebih umum disebut dengan animator, hanya perlu
menganimasikan objek antar key frame tidak perlu lagi membuat animasi frame
demi frame seperti dalam pebuatan animasi gambar demi gambar dalam pembuatan
kartun film konvensional.
Frame antar keyframe tersebut
akan diterjemahkan sendiri oleh computer menjadi sebuah gerakan seperti yang
diinginkan animator. Perkembangan dunia animasi computer sekarang sudah sangat
pesat, apalagi sejak diciptakannya animasi berbasis tiga dimensi (3D Animation)
yang mempunyai ukuran panjang, lebar, dan tinggi ( Z-axis) maka objek
danpergerakkannya hampir mendekati kenyataan aslinya. Hanya saja objek tersebut
dibuat dunia maya (Virtual reality). Perkembangan ini juga dilengkapi dengan
berbagai perangkat lunak yang mendukung seperti misalnya Macromedia flash, GIF
animation dan corel Rave sebagai software.
Berikut
ini beberapa jenis – jenis animasi yang banyak di gunakan dalam industri
hiburan:
1.
Animasi Sel (Cell
Animation)
Kata “cell” berasal dari kata “celluloid”, yang merupakan
material yang digunakan untuk membuat film gambar bergerak pada saat awal.
Sekarang, material film dibuat dari asetat (acetate), bukan celluloid. Potongan
animasi dibuat pada sebuah potongan asetat atau sel (cell). Sel animasi
biasanya merupakan lembaran-lembaran yang membentuk sebuah frame animasi
tunggal. Sel animasi merupakan sel yang terpisah dari lembaran latar belakang
dan sebuah sel untuk masing-masing obyek yang bergerak secara mandiri di atas
latar belakang. Lembaran-lembaran ini memungkinkan animator untuk memisahkan
dan menggambar kembali bagian-bagian gambar yang berubah antara frame yang
berurutan. Sebuah frame terdiri dari sel latar belakang dan sel di atasnya.
Misalnya seorang animator ingin membuat karakter yang berjalan, pertama-tama
dia menggambar lembaran latar belakang, kemudian membuat karakter akan berjalan
pada lembaran berikutnya, selanjutnya membuat membuat karakter ketika kaki
diangkat dan akhirnya membuat karakter kaki dilangkahkan. Di antara
lembaran-lembaran (frame-frame) dapat disipi efek animasi agar karakter
berjalan itu mulus. Frame-frame yang digunakan untuk menyisipi celah-celah
tersebut disebut keyframe. Selain dengan keyframe proses dan terminology
animasi sel dengan layering dan tweening dapat dibuat dengan animasi computer.
2.
Animasi Frame (Bingkai
Animasi)
Animasi bingkai adalah bentuk animasi Yang Sederhana
memucat. Diupamakan Andari mempunyai sebuah Buku bergambar Yang Berseri di Tepi
Auditan berurutan. Bila jempol Andari membuka Buku Artikel Baru CEPAT, Maka
GAMBAR kelihatan Bergerak. PADA Komputer multimedia, animasi Buku nihil
menampilkan sebuah GAMBAR Yang berurutan secara CEPAT. Antara GAMBAR Satu
(frame satu) Artikel Baru GAMBAR lain (bingkai Lain) berbeda. Kalau kitd
bayangkan bagaimana Film ATB ITU diputar di Bioskop, Maka dapat kitd pahami
bagaimana Cara Koperasi Karyawan Bhakti Samudera frame animasi secara lebih
BAIK Dalam, sebuah film, serangkaian bingkai Bergerak melalui proyektor Film
Artikel Baru kecepatan sekitar 24 frame per Detik. Kita Bisa menangkap adanya
Gerak di Layar karena setiap bingkai mengandung Satu GAMBAR Yang tampil PADA
Layar begitu bingkai Yang bersangkutan Muncul. Mengapa 24 frame per Detik?
Karena kecepatan ITU merupakan Ambang Batas, kurang bahasa Dari ITU Maka Yang
Akan kitd lihat di Layar adalah GAMBAR Yang Kabur.
3.
Animasi Sprite (Sprite
Animasi)
Animasi sprite serupa Artikel Baru Teknik animasi ATB,
yaitu obyek Yang diletakkan Dan dianimasikan PADA bagian Puncak Grafik Artikel
Baru latar Belakang diam. Sprite adalah setiap bagian bahasa Dari animasi
Andari Yang Bergerak secara mandiri, misalnya Burung Bagus terbang, planert
berotasi, bola memantul-mantul atau berputar logo. Sprite beranimasi Dan
Bergerak sebagai obyek Yang mandiri.
Dalam, animasi sprite, sebuah GAMBAR Tunggal atau berurutan
dapat ditempelkan Dalam, sprite. Sprite dapat dianimasikan Dalam, Satu klien
untuk membuka posisi, seperti halnya planet berputar atau Burung Bergerak
Sepanjang Garis lurus. Animasi sprite berbeda Artikel Baru animasi frame,
Illustrasi Urutan masing-masing frame, Andari hanya dapat memperbaiki bahasa
Dari Layar Yang mengandung sprite. Andari tidak dapat memperbaiki bagian Dalam,
Yang ditampilkan Layar untuk masing-masing bingkai, seperti Yang dapat Andari
kerjakan PADA animasi frame.
4.
Animasi Path ( Path Animasi)
Animasi path adalah animasi dari objek yang gerakannya
mengikuti garis lintasan yang sudah ditentukan. Contoh animasi jenis ini adalah
animasi kereta api yang bergerak mengikuti lintasan rel. Biasanya dalam animasi
path diberi perulangan animasi, sehingga animasi terus berulang hingga mencapai
kondisi tertentu. Dalam Macromedia Flash, animasi jenis ini didapatkan dengan
teknik animasi path, teknik ini menggunakan layer tersendiri yang didefinisikan
sebagai lintasan gerakan objek.
5.
Animasi Spline ( Spline Animasi )
Spline adalah representasi matematis dari kurva. Bila obyek
bergerak, biasanya tidak mengikuti garis lurus, misalnya berbentuk kurva.
Program animasi computer memungkinkan Anda untuk membuat animasi spline dengan
lintasan gerakan berbentuk kurva. Untuk mendefinisikan animasi spline, posisi
pertama Anda pada sebuah titik pijak. Kurva itu sendiri melewati titik pijak.
Titik pijak mendefinisikan awal dan akhir titik dari bagian kurva yang berbeda.
Masing-masing titik pijak dapat dikendalikan sehingga memungkinkan Anda untuk
mengubah bentuk kurva antara dua titik pijak.
Sebagian besar program animasi memungkinkan Anda untuk
membuat variasi gerakan sepanjang lintasan. Jika sebuah lintasan gerakan
mempunyai belokan tajam, sebagai contoh sebuah obyek bergerak pelan mengikuti
belokan dan kemudian meningkatkan kecepatannya setelah melewati belokan. Beberapa
program menyediakan pengontrol kecepatan sprite sepanjang lintasan secara
canggih.
6.
Animasi Vektor (Vector
Animasi)
Animasi vektor serupa Artikel Baru animasi sprite. PADA
animasi sprite menggunakan bitmap untuk sprite, animasi vektor menggunakan
rumus Matematika untuk menggambarkan sprite. Rumus inisial serupa Artikel Baru
Yang rumus menggambarkan kurva spline. Animasi vektor menjadikan objek Bergerak
Artikel Baru SIBOR memvariasikan parameter Ujung-Pangkal, arah Dan Panjang PADA
segmen-segmen Garis Yang menentukan objek. Macromedia adalah industri terdepan
Dalam, perangkat lunak animasi berbasis vektor. Perangkat lunak flash Yang
dikembangkan Macromedia menggunakan vektor grafis untuk membuat animasi
interaktif Serta grafis untuk digunakan di web. Macromedia telah menerbitkan
format file Flash (. Swf) sebagai sebuah standar Terbuka.Untuk INFORMASI lebih
JAUH, ikuti Link situs web Macromedia Flash, di mana ANDA Bisa mengunjungi
sebuah galeri halaman Web Yang berisi animasi Flash Dan mendownload flash
gratis selama periode 30 Hari Percobaan terpisah.
7.
Animasi Clay ( Clay
Animasi )
Animasi ini sering disebut juga animasi doll (boneka).
Animasi ini dibuat menggunakan boneka-boneka tanah liat atau material lain yang
digerakkan perlahan-lahan, kemudian setiap gerakan boneka-boneka tersebut
difoto secara beruntun, setelah proses pemotretan selesai, rangkaian foto
dijalankan dalam kecepatan tertentu sehingga dihasilkan gerakan animasi yang
unik. Contoh penerapan animasi ini adalah pada film Chicken Run dari Dream Work
Pictures. Teknik animasi inilah yang menjadi cikal bakal animasi 3 Dimensi yang
pembuatannya menggunakan alat bantu komputer.
8.
Animasi Karakter
(Character Animation)
Animasi karakter merupakan sebuah cabang khusus animasi.
Animasi karakter semacam yang Anda lihat dalam film kartun. Animasi ni berbeda
dengan animasi lainnya, misalnya grafik bergerak animasi logo yang melibatkan
bentuk organic yang komplek dengan penggandan yang banyak, gerakan yang
herarkis. Tidak hanya mulut, mata, muka dan tangan yang bergerak tetapi semua
gerakan pada waktu yang sama.
Meskipun untuk membuat animasi tunggal dan bitmap mudah,
tetapi untuk membuat animasi karakter yang hidup dan meyakinkan merupakan
sebuah seni yang membutuhkan pertimbangan khusus dalam pengerjaanya. Teknik ini
juga dapat diterapkan terhadap animasi obyek. Perankgat lunak yang dapat
dipakai untuk animasi karakter, antara lain Maya Unlimited. Film kartun Toy
Story dan Monster Inc dibuat dengan Maya Unlimited.
Sumber :
http://virala.id/post/setiap-desainer-grafis-harus-tahu-6-unsur-penting-dalam-desain-grafis
http://septiandekky.blog.widyatama.ac.id/2014/06/13/pengertian-dan-jenis-jenis-animasi/
Komentar
Posting Komentar